Analisis
dan Desain Berorientasi Objek (ADBO) 4
Manda
Rohandi, M.Kom
Referensi
TEKNIK
– TEKNIK
ANALISA
DESAIGN MENGGUNAKAN ERD DAN UML PADA PERANCANGAN PROGRAM BERBASISKAN OBJECT, Linda Marlinda,S.Kom, MM, STMIK NUSA MANDIRI
ADBO, Sholiq
Pemodelan
Bisnis Vs Pemodelan Sistem
Pemodelan
Bisnis
Use
case : Menjelaskan apa yang bisnis kerjakan. Tidak memperdulikan apakah proses
yang dilakukan manual atau otomatis menggunakan teknologi informasi atau
manual.
Aktor:
eksternal terhadap organisasi. Berada diluar organisasi tetapi berpartisipasi
terlibat dalam proses bisnis organisasi.
Pekerja
bisnis: internal terhadap organisasi
Pemodelan
sistem
Use
case : menjelaskan apa yang sistem lakukan di dalam bisnis, hanya proses-proses
yang dilakukan secara otomatis disebut use case.
Aktor:
Eksternal terhadap sistem (mungkin internal terhadap organisasi)
Use case diagram
Menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari
sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan
“bagaimana”.
Menggambarkan kebutuhan system dari sudut pandang user
Mengfokuskan pada proses komputerisasi (automated processes)
Menggambarkan hubungan antara use case dan actor
Use case menggambarkan proses system (kebutuhan system
dari sudut pandang user)
Secara umum use case adalah:
Pola
perilaku system
Urutan
transaksi yang berhubungan yang dilakukan oleh satu actor
Use case diagram terdiri dari
Use
case
Actors
Relationship
System
boundary boxes (optional)
Packages
(optional)
Use
Case Sistem
‘use case’ adalah rangkaian/uraian sekelompok yang
saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau
diawasi oleh sebuah aktor. ‘use case’ digunakan untuk membentuk tingkah-laku
benda/ things dalam sebuah model serta di Realisasikan oleh sebuah
collaboration.
Use case dibuat berdasar keperluan actor, merupakan
“apa” yang dikerjakan system, bukan “bagaimana” system mengerjakannya
Use case diberi nama yang menyatakan apa hal yang
dicapai dari hasil interaksinya dengan actor.
Use case dinotasikan dengan gambar (horizontal ellipse)
Use case biasanya menggunakan kata kerja
Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan
tidak boleh ada 2 use case yang memiliki nama yang sama
ACTOR Sistem
Actor menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder
yang menyediakan atau menerima informasi dari system
Actor menggambarkan sebuah tugas/peran dan bukannya posisi sebuah
jabatan
Actor memberi input atau menerima informasi dari system
Actor biasanya menggunakan Kata benda
Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor
Indikasi <<system>> untuk sebuah actor yang merupakan
sebuah system
Adanya actor bernama “Time” yang mengindikasikan
scheduled events (suatu kejadian yang terjadi secara periodik/bulanan)
Letakkan actor utama anda pada pojok kiri atas dari
diagram
Hubungan
Asosiasi
Associations
bukan menggambarkan aliran data/informasi
Associations
digunakan untuk menggambarkan bagaimana actor terlibat dalam use case
Ada
4 jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram
•
Association
antara actor dan use case
•
Association
antara use case
•
Generalization/Inheritance
antara use case
•
Generalization/Inheritance
antara actors
Association antara actor dan use case
Ujung panah pada association antara actor dan use case
mengindikasikan siapa/apa yang meminta interaksi dan bukannya
mengindikasikan aliran data
Sebaiknya gunakan Garis tanpa panah untuk
association antara actor dan use case
association antara actor dan use case yang menggunakan panah terbuka
untuk mengindikasikan bila actor berinteraksi secara pasif dengan
system anda
Association antara use case
<<include>> termasuk didalam
use case lain (required) / (diharuskan)
Pemanggilan
use case oleh use case lain, contohnya adalah pemanggilan sebuah
fungsi program
Tanda
panah terbuka harus terarah ke sub use case
Gambarkan
association include secara horizontal
Association antara use case (Cont.)
<<extend>> perluasan dari use case lain
jika kondisi atau syarat terpenuhi
Kurangi
penggunaan association Extend ini, terlalu banyak pemakaian association ini membuat
diagram sulit dipahami.
Tanda
panah terbuka harus terarah ke parent/base use case
Gambarkan
association extend secara vertical
Generalization/inheritance antara use case
Generalization/inheritance digambarkan dengan sebuah
garis berpanah tertutup pada salah satu ujungnya yang menunjukkan lebih umum
Gambarkan generalization/inheritance antara use case
secara vertical dengan inheriting use case dibawah base/parent use case
Generalization/inheritance dipakai ketika ada sebuah
keadaan yang lain sendiri/perlakuan khusus (single condition)
Generalization/inheritance antara use case
Generalization/inheritance digambarkan dengan sebuah
garis berpanah tertutup pada salah satu ujungnya yang menunjukkan lebih umum
Gambarkan generalization/inheritance antara use case
secara vertical dengan inheriting use case dibawah base/parent use case
Generalization/inheritance dipakai ketika ada sebuah
keadaan yang lain sendiri/perlakuan khusus (single condition)
Generalization/inheritance antara actor
Gambarkan generalization/inheritance antara actors
secara vertical dengan inheriting actor dibawah base/parent use case
Use case System boundary boxes
Digambarkan dengan kotak disekitar use case, untuk
menggambarkan jangkauan system anda (scope of of your system).
Biasanya digunakan apabila memberikan beberapa alternative system yang
dapat dijadikan pilihan
System boundary boxes dalam penggunaannya optional
ACTIVITY DIAGRAM
Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
Dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas
proses bisnis
Struktur diagram ini mirip flowchart atau Data Flow Diagram pada
perancangan terstruktur
Sangat bermanfaat apabila kita membuat diagram ini terlebih dahulu
dalam memodelkan sebuah proses untuk membantu memahami proses secara
keseluruhan
Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau
beberapa use case pada use case diagram
Simbol Activity Diagram
CONTOH ACTIVITY DIAGRAM
Contoh kasus
Penggajian
Linda Marlinda,S.Kom, MM., STMIK NUSA MANDIRI
Penggajian
Linda Marlinda,S.Kom, MM., STMIK NUSA MANDIRI
Prosedur Sistem berjalan:
3. Proses Pengolahan
Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG)
Setelah
bagian administrasi menerima Rekap Biodata Pegawai (RBP) dan Rekap Absen (RA)
akan mengolah kedua data tersebut untuk dibuatkan menjadi Daftar Data Pegawai
dan Gaji (DDPG) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Sekolah untuk ditanda
tangani atau di Acc.
4. Proses Pembuatan
Laporan
Daftar Data
Pegawai dan Gaji (DDPG) yang sudah diterima dan ditanda tangani oleh Kepala
Sekolah akan diserahkan kembali kepada bagian Administrasi untuk dibuatkan
Laporan Data Pegawai (LDP) dan Laporan Gaji Pegawai (LGP).
Setelah
bagian administrasi menerima Daftar Data Pegawai dan Gaji yang sudah di Acc
akan membuatkan Laporan Data Pegawai (LDP) dan Laporan Gaji Pegawai (LGP) yang
nantinya akan diserakan kepada Kepala Sekolah.selain itu bagian Administrasi
akan membuatkan slip gaji untuk diserahkan kepada pegawai.
Dekomposisi Fungsi sistem berjalan
ACTIVITY DIAGRAM
Activity Diagram (Lanjutan…)
Activity Diagram (Lanjutan…)
ERD (Entity Relationship Diagram)
Nama : Use Case Diagram Absen
Actor : TU dan Administrasi
Deskripsi:TU mencetak Rekap Absen kemudian diserahkan kepada Administrasi
Nama Use Case :<<Include>> input
data absen harian
Use Case Rekap Biodata Pegawai
Use Case Pengolahan Daftar Data Pegawai dan Gaji
(DDPG)
Use Case Laporan
0 komentar:
Posting Komentar