Jumat, 22 November 2013

ADBO 4


Analisis dan Desain Berorientasi Objek (ADBO) 4
Manda Rohandi, M.Kom
Referensi

TEKNIK – TEKNIK ANALISA DESAIGN  MENGGUNAKAN ERD DAN UML PADA PERANCANGAN PROGRAM BERBASISKAN OBJECT, Linda Marlinda,S.Kom, MM, STMIK NUSA MANDIRI
ADBO, Sholiq


Pemodelan Bisnis Vs Pemodelan Sistem
Pemodelan Bisnis
Use case : Menjelaskan apa yang bisnis kerjakan. Tidak memperdulikan apakah proses yang dilakukan manual atau otomatis menggunakan teknologi informasi atau manual.
Aktor: eksternal terhadap organisasi. Berada diluar organisasi tetapi berpartisipasi terlibat dalam proses bisnis organisasi.
Pekerja bisnis: internal terhadap organisasi
Pemodelan sistem
Use case : menjelaskan apa yang sistem lakukan di dalam bisnis, hanya proses-proses yang dilakukan secara otomatis disebut use case.
Aktor: Eksternal terhadap sistem (mungkin internal terhadap organisasi)
Use case diagram
Menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”.
Menggambarkan kebutuhan system dari sudut pandang user
Mengfokuskan pada proses komputerisasi (automated processes)
Menggambarkan hubungan antara use case dan actor
Use case menggambarkan proses system (kebutuhan system dari sudut pandang user)
Secara umum use case adalah:
Pola perilaku system
Urutan transaksi yang berhubungan yang dilakukan oleh satu actor
Use case diagram terdiri dari
Use case
Actors
Relationship
System boundary boxes (optional)
Packages (optional)
Use Case Sistem
use case’ adalah rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor. ‘use case’ digunakan untuk membentuk tingkah-laku benda/ things dalam sebuah model serta di  Realisasikan oleh sebuah collaboration.
Use case dibuat berdasar keperluan actor, merupakan “apa” yang dikerjakan system, bukan “bagaimana” system mengerjakannya
Use case diberi nama yang menyatakan apa hal yang dicapai dari hasil interaksinya dengan actor.
Use case dinotasikan dengan gambar (horizontal ellipse)
Use case biasanya menggunakan  kata kerja
Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada 2 use case yang memiliki nama yang sama
ACTOR Sistem
Actor menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system
Actor menggambarkan sebuah tugas/peran dan bukannya posisi sebuah jabatan
Actor memberi input atau menerima informasi dari system
Actor biasanya menggunakan Kata benda
Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor
Indikasi <<system>> untuk sebuah actor yang merupakan sebuah system
Adanya actor bernama “Time” yang mengindikasikan scheduled events (suatu kejadian yang terjadi secara periodik/bulanan)
Letakkan actor utama anda pada pojok kiri atas dari diagram
Hubungan Asosiasi
Associations bukan menggambarkan aliran data/informasi
Associations digunakan untuk menggambarkan bagaimana actor terlibat dalam use case
Ada 4 jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram
                Association antara actor dan use case
                Association antara use case
                Generalization/Inheritance antara use case
                Generalization/Inheritance antara actors

Association antara actor dan use case
Ujung panah pada association antara actor dan use case mengindikasikan siapa/apa yang meminta interaksi dan bukannya mengindikasikan aliran data
Sebaiknya gunakan Garis tanpa panah untuk association antara actor dan use case

association antara actor dan use case yang menggunakan panah terbuka untuk mengindikasikan bila actor berinteraksi secara pasif dengan system anda

Association antara use case
<<include>>            termasuk didalam use case lain (required) / (diharuskan)
Pemanggilan use case oleh use case lain, contohnya adalah  pemanggilan sebuah fungsi program
Tanda panah terbuka harus terarah ke sub use case
Gambarkan association include secara horizontal

Association antara use case (Cont.)
<<extend>> perluasan dari use case lain jika kondisi atau syarat terpenuhi
Kurangi penggunaan association Extend ini, terlalu banyak  pemakaian association ini membuat diagram sulit dipahami.
Tanda panah terbuka harus terarah ke parent/base use case
Gambarkan association extend secara vertical

Generalization/inheritance antara use case
Generalization/inheritance digambarkan dengan sebuah garis berpanah tertutup pada salah satu ujungnya yang menunjukkan lebih umum

Gambarkan generalization/inheritance antara use case secara vertical dengan inheriting use case dibawah base/parent use case
Generalization/inheritance dipakai ketika ada sebuah keadaan yang lain sendiri/perlakuan khusus (single condition)
Generalization/inheritance antara use case
Generalization/inheritance digambarkan dengan sebuah garis berpanah tertutup pada salah satu ujungnya yang menunjukkan lebih umum

Gambarkan generalization/inheritance antara use case secara vertical dengan inheriting use case dibawah base/parent use case
Generalization/inheritance dipakai ketika ada sebuah keadaan yang lain sendiri/perlakuan khusus (single condition)
Generalization/inheritance antara actor
Gambarkan generalization/inheritance antara actors secara vertical dengan inheriting actor dibawah base/parent use case
Use case System boundary boxes
Digambarkan dengan kotak disekitar use case, untuk menggambarkan jangkauan system anda (scope of of your system).
Biasanya digunakan apabila memberikan beberapa alternative system yang dapat dijadikan pilihan
System boundary boxes dalam penggunaannya optional

ACTIVITY DIAGRAM
Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
Dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas proses bisnis
Struktur diagram ini mirip flowchart atau Data Flow Diagram pada perancangan terstruktur
Sangat bermanfaat apabila kita membuat diagram ini terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah proses untuk membantu memahami proses secara keseluruhan
Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram
Simbol Activity Diagram
CONTOH ACTIVITY DIAGRAM
Contoh kasus 

Penggajian
 Linda Marlinda,S.Kom, MM., STMIK NUSA MANDIRI
Prosedur Sistem berjalan:

3. Proses Pengolahan Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG)
          Setelah bagian administrasi menerima Rekap Biodata Pegawai (RBP) dan Rekap Absen (RA) akan mengolah kedua data tersebut untuk dibuatkan menjadi Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Sekolah untuk ditanda tangani atau di Acc.

4. Proses Pembuatan Laporan
          Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG) yang sudah diterima dan ditanda tangani oleh Kepala Sekolah akan diserahkan kembali kepada bagian Administrasi untuk dibuatkan Laporan Data Pegawai (LDP) dan Laporan Gaji Pegawai (LGP).
          Setelah bagian administrasi menerima Daftar Data Pegawai dan Gaji yang sudah di Acc akan membuatkan Laporan Data Pegawai (LDP) dan Laporan Gaji Pegawai (LGP) yang nantinya akan diserakan kepada Kepala Sekolah.selain itu bagian Administrasi akan membuatkan slip gaji untuk diserahkan kepada pegawai.

Dekomposisi Fungsi sistem berjalan
ACTIVITY DIAGRAM
Activity Diagram (Lanjutan…)
Activity Diagram (Lanjutan…)
ERD (Entity Relationship Diagram)
Use Case Absen
Deskripsi use case Absen
Nama : Use Case Diagram Absen
Actor  : TU dan Administrasi
Deskripsi:TU mencetak Rekap Absen kemudian diserahkan kepada Administrasi
Nama Use Case       :<<Include>> input data absen harian
Use Case Rekap Biodata Pegawai
Use Case Pengolahan Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG)
Use Case Laporan


Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar: