Selasa, 08 Januari 2013

IAD

ABIOGENESIS(Materi Tak Hidup Dapat Membentuk Kehidupan Baru)
PEMBAHASAN IPA: KEBOHONGAN VS KEBENARAN

1.Menurut anda, apakah yang anda ketahui tentang IPA Abiogenesis (materi tak hidup dapat membentuk kehidupan baru)?jawab:

Ayu Putri Pertiwi: Menurut saya Abiogenesis adalah makhluk hidup berasal dari benda mati.

Venny Wahyuningtyas: Teori abiogenesis disebut juga paham generation spontaneae yang artinya kejadian secara spontan. Jadi, pengertian abiogenesis adalah makhluk hidup yang pertama kali di bumi tersebut dari benda mati atau tak hidup yang terjadinya secara spontan.

Wahyu Fajarwati: Abiogenesis adalah ilmu yang mempelajari tentang asal usul kehidupan,tetapi didalam ilmu tersebut belum ada bukti yang logis untuk meyatakan kebenaran tentang teori didalam ilmu tersebut.

Tohwan Sadyu: Abiogenesis adalah ilmu pendidikan yang membahas tentang materi   tak hidup menjadi materi hidup. Makhluk hidup yang pertama kali di bumi tersebut dari benda mati / tak hidup yang terjadinya secara spontan.

2.Diskripsikan dengan bahasa anda, seperti apakah kebohongan IPA Abiogenesis (materi tak hidup dapat membentuk kehidupan baru) yang berkembang di masyarakat?jawab:

Ayu Putri Pertiwi: Mitos yang berkembang di kehidupan masyarakat, misalnya bahwa belatung berasal dari daging yang membusuk.

Venny Wahyuningtyas: Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda mengenai paham abiogenesis tersebut. Masyarakat cenderung mempercayai teori ini setelah ada ungkapan dari orang yang dianggap ahli seperti pendapat dari Aristoteles tersebut. Tetapi tidak sedikit dari mereka yang ingin tahu lebih jelas tentang kebenaran teori tersebut sehingga dilakukannya beberapa penelitian.

Wahyu Fajarwati: Faham abiogenesis sudah melekat didalam masyarakat menjadi semacam mitos yang terus menerus berkembang turun temurun berawal dari nenek moyanng kita yang masih sangat melekat akan ilmu pengetahuan.

Tohwan Sadyu: Seperti belatung berasal dari daging yang membusuk. Sebenarnya itu kebohongan belaka,   tetapi karena mekanisme dari udaralah yang membantu proses tumbuhnya belatung di daging membusuk.

3.Mengapa pengetahuan yang bohong tersebut bisa berkembang di masyarakat?jawab:

Ayu Putri Pertiwi: Karena keterbatasan pengetahuan, keterbatasan penalaran manusia pada masa itu, keingintahuan manusia yang telah terpenuhi untuk sementara.

Venny Wahyuningtyas: Karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang ilmu IPA, dan mereka cenderung mempercayai pernyataan dari orang yang dianggap lebih paham tentang ilmu IPA padahal penelitian yang dilakukan belum tentu mendapatkan kejelasan dari apa yang diteliti. Bisa saja itu sebuah hipotesis yang harus ada tindak lanjut penelitian berikutnya.

Wahyu Fajarwati: Abiogenesis bisa berkembang didalam masyarakat,karena teori tersebut muncul lebih dahulu dan cerita tentang teori tersebut terus dibawa nenek moyang kita yang kebanyakan masih orang awam yang minim akan informasi dan pengetahuan,sementara itu sudah melekat dalam masyarakat sangat sulit untuk dirubah jadi hal tersebut terus berkembang.

Tohwan Sadyu: Karena dulu belum adanya pembuktian yang benar-benar  maksimal . Dan sejak itu orang yang pertama menyebarkan ilmu tentang abiogenesis  itu punya bukti walau belum sempurna dan akhirnya berkembang di bidang pendidikan dan pengetahuan . Tapi sekarang pembuktian tersebut sudah di patahkan. Terbukti kebohongannya.

4.Apakah pengaruh informasi/pengetahuan yang tidak benar tersebut dalam kehidupan?jawab:

Ayu Putri Pertiwi: Kepercayaan dalam berkelanjutan generasi spontan dari bentuk-bentuk tertentu kehidupan dari materi tak-hidup kembali ke filsafat Yunani kuno dan terus memiliki dukungan dalam keilmuan Barat sampai abad ke-19, ini dipasangkan dengan kepercayaan heterogenesis, yaitu bahwa satu bentuk kehidupan berasal dari bentuk yang berbeda (misalnya lebah dari bunga). Pengertian klasik dari generasi spontan, yang dapat dianggap di bawah abiogenesis, istilah modern, menyatakan bahwa kompleks tertentu, hidup organisme yang dihasilkan dari pembusukan zat organik. Menurut Aristoteles , itu adalah kebenaran mudah diamati bahwa lalat dari materi busuk.

Venny Wahyuningtyas: Dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat dan juga dapat menimbulkan berita yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya sehinnga kepercayaan tentang berita tersebut sampai pada semua golongan masyarakat. Masyarakat akan terus mengalami salah paham selama dia hidup dan menganggapnya suatu fakta yang benar.

Wahyu Fajarwati: Semua orang akhirnya mempercayai bahwa asal mula kehidupan adalah dari teori abiogenesis tersebut.

Tohwan Sadyu: Dulu waktu belum tau kebohongannya abiogenesis menjadi sumber pengetahuan di bidang pendidikan tapi sekarang pengetahuan itu dipatahkankan dan  menjadi sebagei contoh  pengetahuan yang salah.

5.Menurut sains, bagaimanakah fakta kebenaran tentang IPA Abiogenesis (materi tak hidup dapat membentuk kehidupan baru) tersebut?jawab:

a.Pengertian Abiogenesis: Teori Abiogenesis disebut juga teori generatio spontanea. Pokok dari teori ini menyatakan bahwa kehidupan berasal dari benda atau materi tidak hidup dan kehidupan terjadi secara spontan (generatio spontanea).  Menurut Aristoteles kebenaran yang mudah diamati :

1.Kutu daun muncul dari embun yang jatuh pada tanaman 2.Jenis kutu tertentu berasal dari materi busuk  3.Tikus berasal dari jerami kotor 4.Buaya berasal dari kayu yang membusuk 5.Ikan dan katak berasal dari lumpur 5 Cacing berasal dari tanah 6.Belatung berasal dari daging yang membusuk

Inilah Faham Abiogenesis (Teori Generation Spontanea)

a.Prosesnya : Untuk menjawab keraguannya tentang asal-usul kehidupan, pada saat itu Aristoteles melakukan pengamatan ikan-ikan di sungai. Ia berpendapat bahwa ada sebagian ikan-ikan di sungai tersebut yang berasal dari lumpur karena itu muncullah Teori Abiogenesis.

b.Syarat terjadinya : Abiogenesis terjadi secara spontan (generatio spontanea). Oleh sebab itu, paham atau teori abiogenesis ini disebut juga paham generation spontaneae. Jadi, kalau pengertian abiogenesis dan generation spontanea kita gabungkan, maka pendapat paham tersebut adalah makhluk hidup yang pertama kali di bumi tersebut dari benda mati / tak hidup yang terkjadinya secara spontan

Pendukung teori abiogenesisi:

Teori Harold Urey (1893)Urey berpendapat bahwa kehidupan terjadi pertama kali di atmosfer. Pada saat tertentu dalah sejarah perkembangan bumi, terbentuk atmosfer yang kaya akan CH4 (metana), NH3 (ammonia), H2 (hidrogen) dan H2O (air). Molekul-molekul ini dengan bantuan petir yang menimbulkan loncatan listrik dan sinar kosmik akan membentuk asam amino yang merupakan awal dari kehidupan.

Teori Oparin  Oparin sependapat dengan Urey bawah kehidupan pertama terjadi di cekungan pantai yang bahan-bahannya dari lautan.

●Penumbang teori Abiogenesis:  Percobaan Louis Pasteur (1822-1895)Dalam menjawab keraguannya terhadap paham abiogenesis. Pasteur melaksanakan percobaan untuk menyempurnakan percobaan Lazzaro Spallanzani. Dalam percobaanya, Pasteur menggunakan bahan air kaldu dengan alat labu. Langkah-langkah percobaan Pasteur selengkapnya adalah sebagai berikut :Langkah I     : labu disi 70 cc air kaldu, kemudian ditutup rapat-rapat dengan gabus. Celah antara gabus dengan mulut labu diolesi dengan paraffin cair. Setelah itu pada gabus tersebut dipasang pipa kaca berbentuk leher angsa. Lalu, labu dipanaskan atau disterilkan.Langkah II   : selanjutnya labu didinginkan dan diletakkan ditempat yang aman. Setelah beberapa hari, keadaan air kaldu diamati. Ternyata air kaldu tersebut tetep jernih dan tidak mengandung mikroorganisme.Langkah III : labu yang air kaldu didalamnya tetap jernih dimiringkan sampai air kaldu didalamnya mengalir kepermukaan pipa hingga bersentuhan dengan udara. Setelah itu labu diletakkan kembali pada tempat yang aman selama beberapa hari. Kemudian keadaan air kaldu diamati lagi. Ternyata air kaldu didalam labu meanjadi busuk dan banyak mengandung mikroorganisme.

Melalui pemanasan terhadap perangkat percobaanya, seluruh mikroorganisme yang terdapat dalam air kaldu akan mati. Disamping itu, akibat lain dari pemanasan adalah terbentuknya uap air pada pipa kaca berbentuk leher angsa. Apabila perangkat percobaan tersebut didinginkan, maka air pada pipa akan mengembun dan menutup lubang pipa tepat pada bagian yang berbentuk leher. Hal ini akan menyebabkan terhambatnya mikroorganisme yang bergentayangan diudara untuk masuk kedalam labu. Inilah yang menyebabkan tetap jernihnya air kaldu pada labu tadi.

Pada saat sebelum pemanasan, udara bebas tetap dapat berhubungan dengan ruangan dalam labu. Mikroorganisme yang masuk bersama udara akan mati pada saat pemanasan air kaldu.

Setelah labu dimiringkan hingga air kaldu sampai ke permukan pipa, air kaldu itu akan bersentuhan dengan udara bebas. Disini terjadilah kontaminasi mikroorganisme. Ketika labu dikembalikan keposisi semula (tegak), mikroorganisme tadi ikut terbawa masuk.  Sehingga, setelah labu dibiarkan beberapa beberapa waktu air kaldu menjadi akeruh, karena adanya pembusukan oleh mikrooranisme tersebut. Dengan demikian terbuktilah ketidak benaran paham Abiogenesis atau generation spontanea, yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati yang terjadi secara spontan.

Berdasarkan hasil percobaan Louis Pasteur tersebut, maka tumbanglah paham Abiogenesis.

a.Dampak/ pengaruhnya   :Para Evolusionis menyangsikan kebenaran paham abiogenesis. Oleh karena itu, mereka mengadakan percobaan agar dapat menemukan kebenaranya. Masyarakat awam cenderung lebih mempercayai teori ini sehingga dijadikan sebuah informasi dan pengetahuan yang terus berkelanjutan diinformasikan. Bagi masyarakat yang cenderung ingin lebih tahu dan tidak terlalu percaya tentanf sebuah berita, mereka kan lebih mempelajarainya bahkan sampai melakukan penelitian.

6.Menurut anda, apakah manfaat/hikmah yang bisa diambil dari fakta kebenaran sains tentang pengetahuan alam abiogenesis (materi tak hidup dapat membentuk kehidupan baru)?jawab:

Ayu Putri Pertiwi: Kita menjadi tahu bahwa Abiogenesis itu merupakan kebohongan saja.Karena tidak mungkin Materi tak hidup dapat membentuk kehidupan baru berdasarkan Teori Biogenesis oleh Louis Pasteur,dan Teori Evolusi Kimia oleh Harold Urey dan Oparin.

Venny Wahyuningtyas: Dengan adanya teori ini, masyarakat bertanya-tanya tentang kebenarannya. Sehingga dapat memacu untuk lebih memperdalam ilmu pengetahuan dan juga bisa mengambil sikap apabila kita mendapat suatu berita tidak harus mempercayainya melainkan dicari terlebih dahulu kebenarannya.

Wahyu Fajarwati: Kita dapat mengetahui asal usul kehidupan,walaupun belum ada yang logis untuk menyatakan kebenaran tentang teori didalam ilmu tersebut.

Tohwan Sadyu: Hikmah nya adalah kita bisa tahu kebohongan tentang abiogenesis.

7.Bagaimanakh cara memanfaatkan FAKTA KEBENARAN SAINS untuk menanamkannya di anak/siswa melalui pendidikan budaya dan karakter bangsa?jawab:

Penanaman Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa:Karakter dan Budaya Religius dibalik Teori Abiogenesis  Pendidikan karakter perlu untuk ditanamkan pada anak-anak di indonesia, agar mereka memiliki karakter-karakter yang baik. Untuk menanamkan pendidikan karakter tidak harus di sekolah bisa dilakukan juga di rumah dengan bimbingan dari orang tua dimana orang tua juga harus memberi contoh yang baik kepada anak-anaknya. Karena anak akan belajar dengan apa yang mereka lihat setiap hari dimana lingkungan sangat mempengaruhi karakter diri anak.

Hikmah yang bisa diambil dari pahan abiogenesis kaitannya dengan penanaman karakter dan budaya religius adalah memberikan penjelasan tentang apa itu abiogenesis kepada masyarakat sesuai dengan apa yang ada dan dengan sesuai informasi yang didapat agar masyarakat tidak terpengaruh dengan pendapat-pendapat bohong mengenai abiogenesis.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap teori abiogenesis tersebut adalah dengan memberikan penyuluhan mengenai teori abiogenesis dengan pengetahuan sains sesuai dengan penjelasan yang ada tentang abiogenesis. Untuk generasi baru yang sedang belajar dalam bangku sekolah yaitu memberikan pengarahan tentang pengetahuan sains yang lebih mendasar. Lebih menekankan hubungan teori abiogenesis dengan Tuhan Yang Maha Esa, agar generasi muda belajar senantiasa mensyukuri dengan nikmat yang telah diberikan dan mengaguni betapa beasarnya kekuasaan Tuhan.

A.     PERTANYAAN

1.Anis Fitri Lestari (103213140) Menurut teori abiogenesis, bagaimana proses munculnya cacing dari dalam tanah? Jelaskan!jawab:Menurut teori abiogenesis yang dicetuskan oleh Aristoteles, bahwa cacing itu keluar dari tempat berlumpur dimana terdapat kandungan air dan udara didalamnya.

2.Danti Nilam Sari (10321317)Apakah rayap juga berasal dari kayu yang lapuk?jawab:Rayap tidak berasal dari kayu yang lapuk melainkan ia ada karena di dalam kayu tersebut terdapat suhu yang lembab akibat proses pelapukan. Dari kayu yang lapuk tersebut disertai adanya pengaruh mikroorganisme yang terdapat di udara.

3Choyul Qoyum N.S (10321298)Jelaskan apakah semua makhluk hidup itu adalah berasal dari benda mati?jawab:Makhluk hidup tidak berasal dari benda mati. Teori yang dikemukakan Ariostoteles adalah suatu kebohongan. Makhluk hidup berasal dari makhluk hidup yang sama. Manusia dari manusia, ayam dari ayam dan lainnya juga berasal dari keturunan sebelumnya. Dimana teori ini diisebut dengan teori biogenesis  yang artinya adalah suatu teori yang mengemukakan bahwa asal kehidupan suatu makhluk hidup berasal dari makhluk hidup pula.

3.Ria Windi Sahara (10321309)Sampah merupakan benda mati, tetapi bisa ada belatung. Apa proses tersebut bukan abiogenesis?jawab:Proses tersebut bukan abiogenesis, karena belatung yang ada dari suatu benda mati contohnya daging yang membusuk adalah hasil pembentukan dari mikroorganisme yang ada di udara.

4.Fariyani Eka K. (10321293)Mengapa bakteri-bakteri/makhluk hidup lainnya itu bisa ada di materi tak hidup yang sudah membusuk seperti daging yang sudah busuk dan bisa berkembangbiak di sana?jawab:Hal itu dikarenakan faktor dari mikroorganisme yang ada di udara dimana masuk ke dalam daging tersebut dan berkembangbiak hingga membentuk makhluk hidup seperti belatung. Intinya mikroorganisme yang ada di udara itulah pemicu munculnya belatung tersebut.

5.Ninin Tri Anjani (10321313)Bagaimana proses berkembangnya materi tak hidup bisa menjadi hidup?jawab:Menurut Aristoteles, bahwa apa hyang diamati tersebut benar adanya. Teori Abiogenesis ini didukung pula oleh seorang ilmuwan Inggris pada tahun 1700 yang bernama Nedhan. Ia mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan rebusan kaldu. Hasil rebusan kaldu kemudian dimasukkan ke dalam botol dan ditutup dengan gabus. Setelah beberapa hari, ternyata air kaldu tersebut ditumbuhi bakteri. Akhirnya Nedhan menyimpulkan bahwa bakteri berasal dari air kaldu.

6.Siti Mar’atu H. Bagaimana proses berkembangbiaknya materi tak hidup menjadi hidup pada roti sehingga mengeluarkan jamur yang hijau?jawab:Jamur yang ada pada roti disebabkan oleh mikroorganisme yang ada di udara. Jamur tersebut ada karena roti pada umumnya makanan dengan  bahan-bahan yang tidak bisa bertahan lama. Apabila roti disimpan dalam jangka waktu yang lama dan berada ditempat gelap maka akan mudah sekali jamur tersebut berkembangbiak. Faktor yang sangat mendasar tentang terdapatnya materi tak hidup tersebut adalah terdapatnya mikrooeganisme yang tak kasat mata yang berada di udara.

7.Yunita Dewi (10321297)Menurut ilmu Sains bagaimana pendapat tentang keberadaan Abiogenesis tersebut? Apa bisa di terima secara logika apa tidak? Dan berikan contohnya!jawab:Tidak bisa diterima begitu saja, karena Pasteur melaksanakan percobaan untuk menyempurnakan percobaan Lazzaro Spallanzani dan Francesco Redi. Dalam percobaanya, Pasteur menggunakan bahan air kaldu dengan alat labu. Berdasarkan hasil percobaan Pasteur tersebut, maka tumbanglah paham Abiogenesis, dan munculah paham/teori baru tentang asal usul makhluk hidup yang dikenal dengan teori Biogenesis. Teori itu menyatakan 1:Omne vivum ex ovo = setiap makkhluk hidup berasal dari telur. 2.Omne ovum ex vivo = setiap telur berasal dari makhluk hidup,  dan 3.Omne vivum ex vivo = setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya.

8.Nur Fauziah Rahmawati (10321291)Menurut kelompok Anda teori Abiogenesis itu merupakan suatu kebohongan. Apakah alasannya ?jawab: Karena pada saat itu Aristoteles melakukan pengamatan ikan-ikan di sungai. Ia berpendapat bahwa ada sebagian ikan-ikan di sungai tersebut yang berasal dari lumpur. Dan hal itu tidak bisa di terima begitu saja,dan untuk menjawab keraguaannya akhirnya Pasteur melaksanakan percobaan untuk menyempurnakan percobaan Lazzaro Spallanzani dan Francesco Redi. Dalam percobaanya, Pasteur menggunakan bahan air kaldu dengan alat labu. Berdasarkan hasil percobaan Pasteur tersebut, maka tumbanglah paham Abiogenesis, dan munculah paham/teori baru tentang asal usul makhluk hidup yang dikenal dengan teori Biogenesis.

9.Peni Tri Utami  :Sebutkan materi-materi tak hidup dalam proses Abiogenesis? Lalu, apakah teori evolusi kimia termasuk abiogenesis? Jelaskan!jawab: Tak ada materi-materi yang di gunakan dalam Abiogenesis,karena hanya di lihat secara spontan saja.Teori Evolusi Kimia bukan termasuk Abiogenesis, karena Ilmuwan yang menyatakan teori tersebut adalah  Harold Urey. Urey menyatakan bahwa pada periode tertentu, atmosfer bumi mengan-dung molekul metana (CH 4), amonia (NH 4), air (H2O), dan karbon dioksida(CO2). Karena pengaruh dari energi petir dan sinar kosmis, zat-zat tadi bereaksi. Hasil reaksi tersebut menghasilkan suatu zat hidup yang diduga virus. Zat hidup tersebut berkembang selama jutaan tahun membentuk makhluk hidup.

10.Jaitri :Apa landasan Aristoteles mengatakan bahwa makhluk hidup muncul dari benda tak hidup ?jawab:Untuk menjawab keraguannya tentang asal-usul kehidupan,pada saat itu Aristoteles melakukan pengamatan ikan-ikan di sungai. Ia berpendapat bahwa ada sebagian ikan-ikan di sungai tersebut yang berasal dari lumpur.karena itu muncullah Teori Abiogenesis.

11.Endah Dwi:Bagaimana syarat terjadinya Abiogenesis ?jawab:Dalam Abiogenesis tidak ada syarat terjadinya, karena Teori Abiogenesis disebut juga teori generatio spontanea. Pokok dari teori ini menyatakan bahwa kehidupan berasal dari benda atau materi tidak hidup dan kehidupan terjadi secara spontan (generatio spontanea).

12.Bahrul Ilmi :Fenomena abiogenesis apa yang paling meyakinkan publikpada zaman aristoteles sehingga dapat diyakini masyarakat?jawab:Ia mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan rebusan kaldu. Hasil rebusan kaldu kemudian dimasukkan ke dalam botol dan ditutup dengan gabus. Setelah beberapa hari, ternyata air kaldu tersebut ditumbuhi bakteri. Akhirnya Nedhan menyimpulkan bahwa bakteri berasal dari air kaldu.

13Khamariyah N (10321297)Apa pengaruh munculnya teori abiogenesis terhadap ilmu pengetahuan?Jawab:Dulu masih menjadi sumber pembelajaran di pendidikan,sekarang pun masih menjadi sumber pembelajaran tetapi cuma sebagai pengetahuan semata dan bukan sebagai sumber pembelajaran.

14Menurut kelompok anda teori abiogenesis itu merupakan suatu kebohongan. Apa alasanya?jawab:Karena didalam teori tersebut(abiogenesis)belum ada bukti nyata yang mampu menjelaskan tentang teori tersebut,karena itulah abiogenesis dianggap suatu kebohongan.

15.Menurut abiogenesis buaya berasal dari kayu yang lapuk dan ikan berasal dari lumpur,apa yang mendasari evolusionis bisa mengatakan seprti itu?(Alimatul K 10321310Jawab:Abiogenesis bisa disebut jugu generatio spontanea,waktu itu para evolusionis hanya mengamati bahwa buaya itu munculdari kayu yang lapuk dan ikan berasal dari lumpur saja dan mereka belum melakukun penelitian

Jerapah Nenek Moyangnya Berleher Pendek(Lamarck)

Kebohongan vs Kebenaran

1.  Menurut anda, apakah yang anda ketahui tentang fenomena IPA (Jerapah nenek moyangnya berleher pendek(lamarck)?Jawab:

Muhammad Zaki Amani : Jawab:Jerapah adalah binatang yang berleher pajang. Jerapah akan selalu beradaptasi dengan lingkungan dengan selalu menggunakan organ tubuhnya untuk memperoleh makanan. Tubuh jerapah yang sering di gunakan akan berkembang terus sedangkan yang tidak di gunakan akan menghilang. Perubahan tubuh tersebut akan di wariskan ke keturunannya.

Yunita Dewi Eka Yanti  Jawab:Dahulu jerapah adalah hewan yang sederhana yang merupakan nenek moyang dari hewan lain yang jauh lebih kompleks. Jerapah akan selalu beradaptasi dengan lingkungan dengan selalu menggunakan organ tubuhnya untuk memperoleh makanan. Organ tubuh jerapah yang sering di gunakan tersebut akan berkembang terus sedangkan yang tidak di gunakan akan menghilang. Perubahan organ tubuh tersebut akan di wariskan ke keturunannya selanjutnya.

Ninin Tri Anjani  Jawab:Jerapah merupakan hewan yang mempunyai leher terpanjang di dunia. Leher jerapah panjang karena merupakan hasil seleksi alam dan evolusi. Karena jerapah menyukai dedaunan yang masih muda dan hanya ada pohon yang tinggi maka leher jerapah akan mengalami perubahan akan lebih memanjang dan akhirnya menjadi jerapah yang kita jumpai pada saat ini.

Alimatul Khairiyah  Jawab:Yang saya ketahui tentang jerapah nenek moyangnya berleher pendek yaitu salah, karena tidak ada jerapah yang berleher pendek. Sedangkan yang pernah di temukan di Afrika dahulu bukan fosil jerapah melainkan fosil keledai yang menyerupai jerapah.

2.  Diskripsikan dengan bahasa anda , seperti apakah kebohongan IPA (Jerapah nenek moyangnya berleher pendek(lamarck) yang berkembang di masyarkat?

Jawab:

Muhammad Zaki Amani  Jawab:Kebohongan yang ada tersebut adalah salah. Hal ini dikarenakan tidak ditemukannya jerapah berleher pendek sampai sekarang.

Yunita Dewi Eka Yanti  Jawab: Kebohongan IPA (Jerapah nenek moyangnya berleher pendek(lamarck) yang berkembang di masyarkat adalah masyarakat sudah mempercayai bahwa dari dulu jerapah memang asalnya mempunyai leher yang pendek,dan karena untuk mempertahankan hidupnya para jerapah memaksakan diri untuk mencapai daun-daun yang tinggi untuk memperoleh makanan. Dan pada akhirnya sekarang terciptalah jerapah dengan leher yang tinggi.

Ninin Tri Anjani Jawab:Kebohongan IPA di masyarakat adalah tentang hewan jerapah yang mulanya berleher pendek. Semua itu salah besar Karena jerapah dari dulu sudah memounyai leher yang menjulang tinggi. Semua teori-teori yang di kembangkan oleh para ahli sudah terbantahkan.

Alimatul Khairiyah Jawab:Pengetahuan yang bohong tersebut bisa berkembang di masyarakat karena keterbatasan ilmu pengetahuan masyarakat mengenai hal tersebut, sehingga mempermudah untuk penyebaran berita-berita bohong seperti itu.

3.  Mengapa pengetahun yang bohong tersebut bisa berkembang di masyarkat?

Jawab:

Muhammad Zaki Amani Jawab:Karena mayoritas masyarakat di indonesia masih sering mempercayai tentang segala hal yang sering tidak masuk akal.

Yunita Dewi Eka Yanti Jawab:Karena masih banyak masyarakat yang kurang bisa menerima hal-hal yang bersifat ilmiah sehingga segala sesuatu yang terjadi pasti dikaitkan dengan suatu kepercayaan yang sudah ada di dalam masyarakat dan yang sudah turun temurun diperoleh dari para nenek moyang mereka dari dahulu.

Ninin Tri Anjani Jawab:Kebohongan tersebut bisa berkembang pada masyarakat karena dari dulu masyarakat sudah mengembangkan kebohongan tersebut dan masyarakat tidak bisa membuktikan opini mana yang benar dan opini mana yang salah. Sehingga semua itu sudah terlanjur di konsumsi oleh masyarakat banyak.

Alimatul Khairiyah  Jawab:Pengaruh informasi/pengetahuan yang tidak benar tersebut dalam masyarakat yaitu bisa menyebabkan kebodohan pada masyarakat karena telah mempercayai hal-hal yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya. Sehingga pengetahuan yang salah diturunkan pada anak cucu kita dan bisa mempengaruhi pola pikirnya terhadap suatu hal yang belum diketahui pasti kebenarannya.

4.  Apakah pengaruh informasi/pengetahuan yang tidak benar tersebut dalam kehidupan?

Jawab:

Muhammad Zaki Amani Jawab:Pengaruh informasi yang bohong tersebut masyarakat sering mempercayai akan hal-hal yang kurang masuk akal dan menjadikan hal tersebut menjadi hal yang dibenarkan.

Yunita Dewi Eka Yanti Jawab:Pengaruh dari kebohongan tersebut antara lain masyarakat akan terus menerus mempercayai teori yang sudah berkembang dimasyarakat. Selain itu kebohongan  tersebut akan mempengaruhi pola fikir dan keimanan masyarakat kepada Allah SWT . Sehingga sulit bagi masyarakat untuk menerima kebenaran dari asal muasal jerapah.

Ninin Tri Anjani Jawab:Memperbesar angka kebodohan  karena masyarakat telah menerima pengetahuan yang salah. Dan masyarakat terus saja menggunakan informasi yang sudah jelas benar-benar salah.

Alimatul Khairiyah Jawab:Menurut sains, fakta kebenaran tentang jerapah nenek moyangnya berleher pendek yaitu salah, karena darwin pernah melakukan percobaan dengan mengawinkan 2 ekor tikus yang ekornya sudah di potong tetapi keturunannya jg masih mempunyai ekor,percobaan ini dilakukan sebanyak 21 kali. Dan menurut weisman, perubahan sel-sel tubuh akibat pengaruh lingkungan tidak diwariskan pada keturunannya.

5.  Menurut sains,bagaimanakah fakta kebenaran tentang IPA(Jerapah nenek moyangnya berleher pendek(lamarck) tersebut?

Jawab:

Muhammad Zaki Amani Jawab:Fakta kebenaran dari jerapah tersebut adalah sebenarnya dari dulu jerapah memiliki leher yang panjang. Dan tidak pernah ditemukan jerapah yang berleher pendek.

Yunita Dewi Eka Yanti Jawab:Menurut sains fakta kebenaran tentang IPA(Jerapah nenek moyangnya berleher pendek(lamarck) adalah salah. Hal ini dikarenakan ketika teori tersebut muncul tidak ada bukti yang menjelaskan bahwa dahulu ada jerapah yang berleher pendek. Memang dulu pernah ditemukan di daerah Afrika bahwa sejenis hewan yang mirip dengan jerapah yang berleher pendek,tetapi itu bukan jerapah. Fakta yang sebenarnya adalah dari dahulu sampai sekarang jerapah adalah memiliki leher yang panjang.

Ninin Tri Anjani Jawab:Menurut fakta sains tentang leher jerapah yang berleher pendek semua itu salah, dari dulu nenek moyamg jerapah telah berleher panjang, lagipula sampai sekarang belum ada bukti bahwa dlnya jerapah mempnyai leher pendek.

Alimatul Khairiyah Jawab:Manfaat/hikmah yang bisa diambil dari fakta kebenaran sains tentang pengetahuan alam jarapah nenek moyangnya berleher pendek yaitu kita jadi mengetahui hal yang sesungguhnya ada dari teori-teori para ahli sehingga tidak ada lagi berita bohong/tidak jelas yang beredar di masyarakat.

6.  Menurut anda apakah manfaat/hikmah yang bisa diambil dari fakta kebenaran sains tentang pengetahuan alam (Jerapah nenek moyangnya berleher pendek(lamarck)?

Jawab:

Muhammad Zaki Amani Jawab:Manfaat yang dapat diambil dari masalah tersebut kita lebih mensyukuri akan keagungan segala ciptaan Allah swt.

Yunita Dewi Eka YantiJawab:Manfaat yang dapat diambil dari fakta kebenaran sains tentang pengetahuan alam (Jerapah nenek moyangnya berleher pendek(lamarck) antara lain adalah :●Kita lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan juga mampu melihat kebesaran dan keagunganNYA.●Lebih saling memahami perbedaan pendapat tentang berbagai teori yang sudah ada.●Lebih bisa merfikir secara rasional tentang kejadian-kejadian yang ada di alam semesta ini.

Ninin Tri AnjaniJawab:Manfaat yang dapat diambil dari fakta kebenaran sains tentang jerapah berleher pendek adalah:●Sebagai makhluk hidup yang mempercayai Tuhan kita lebih meningkatkan ketakwaan kepad Allah SWT.●Lebih bisa memahami dan mencerna tentang teori yang benar dan teori yang salah.

Alimatul Khairiyah  Jawab:Cara memanfaatkan fakta kebenaran sains untuk menanamkannya di anak/siswa melalui pendidikan budaya dan karakter bangsa yaitu dengan cara menanamkan nilai tersebut dalam program pendidikan anak sekolah melalui berbagai media seperti: buku bacaan, film documenter, pembelajaran di kelas, keteladanan berpikir dan bertindak, dsb.

PERTANYAAN

1.Apakah gen dari fosil yang ditemukan lamarck itu sama dengan gen jerapah yang ada pada saat ini sehingga lamarck bisa menyimpulkan teori tersebut? (Lia Yuniawati)Jawab:Antara gen fosil yang di temukan dengan gen jerapah yang masih ada pada saat ini mungkin memiliki banyak kesamaan tetapi tidak sepenuhnya sama  pasti ada perbedaannya karena,  sesungguhnya fosil yang ditemukan bukanlah fosil jerapah tetapi hanya hewan yang mirip dengan jerapah yang mempunyai leher pendek.

2.Menurut teori lamarck jerapah berleher pendek dan menjadi panjang butuh waktu berapa tahun sehingga leher jerapah menjadi panjang? (Umi Ernawati)Jawab:Menurut Lamrack tergantung seberapa sering jerapah tersebut  menjulurkan kepalanya ke atas untuk mengambil makanan , semakin sering jerpah tersebut menjulurkan kepalanya maka semkin cepat pula leher jerapah akan panjang tapi sebaliknya apabila jerapah tersebut semakin jarang mengambil makanan maka akan semakin lama pertambahan panjang leher jerapah.

3.Apa fakta yang menguatkan bahwa jerapah itu dari dulu memang berleher panjang? (Suheni Dwi Cahyati)Jawab:Dari dulu kita menjumpai bahwa jerapah memang sudah mempunyai leher yang menjulang panjang. Begitupun juga orang tua kita nenek kita juga mengatakan hal yang sama berarti jerapah memang dari dulu sudah berleher  panjang, dan banyak teori evolusi para ahli juga terbantahkan bahwa leher jerapah dulunya berleher pendek.

4.Jelaskan masing-masing dari proses adaptasi,perubahan karakter dan perubahan gen yang terjadi pada jerapah sehingga mempunyai leher panjang? (Nur Fauziah R)Jawab: Jerapah menghuni daerah padang rumput (savana) di mana tumbuh pohon Akasia dan tumbuhan polong merambat.  Jerapah hidup di Afrika terutama di Afrika Tengah, Afrika Timur dan Afrika Selatan, mulai dari selatan Sahara sampai  Cape Town. Jerapah bercorak jaring terdapat di Afrika Timur.●Jerapah adalah pemakan tumbuhan yang sangat selektif dalam memilih makanan. Sebagian besar makanan mereka adalah dedaunan dan tunas muda dari pohon atau semak, ditambah tanaman yang merambat pada pohon.
Lehernya yang panjang dan lidahnya yang juga panjang sangat berguna memungut dedaunan di pohon tinggi, terutama pohon akasia. Jerapah bisa bertahan beberapa hari tanpa minum, tubuhnya tetap bisa terhidrasi karena jerapah bisa mengandalkan cairan dari dedaunan.●Jerapah adalah hewan yang suka berteman, masing-masing individu bergabung bersama-sama ke dalam kelompok bebas untuk perlindungan dari predator.

5.Mengapa Teori lamarck dianggap salah? (Nuraniati:10321296)Jawab:Karena tidak ada bukti yang akurat yang mendasari teori Lamrack tersebut sehingga teori Lamrack dianggap salah.

6.Apa pengaruh tentang revolusi jerapah tersebut terhadap pola pikir masyarakat? (Jaitri)Jawab:Pengaruhnya bagi orang awam itu dapat membodohkan mereka. Karena mereka akan menerima apa adanya, tapi untuk mengantisipasi hal tersebut kita dapat menjelaskan kebenarannya.

7.Perkembangan memanjangnya leher hingga berapa tahun. Dan jelaskan siklus perkembangan jerapah? (Siti Maratus Hamidah)Jawab:Kalau siklusnya berapa thaun Lamarck tidak menjelaskan secara jelas tentang hal tersebut. Untuk siklusnya adalah:

1)  Jerapah pada mulanya memiliki leher pendek

2)  Setelah melakukan peregangan leher jerapah mulai lebih panjang yang berfungsi untuk memakan daun yang lebih tinggi

3)  Dan setelah melakukan peregangan berkali-kali leher jerapah semakin panjang

4)  Leher yang panjang tersebut menurun ke generasi berikutnya.

8.Apakah yang melatarbelakangi pendapat lamarck tentang awal mula jerapah? (Ria Windi Sahara: 10321309)Jawab:Karena dahulu di Afrika telah ditemkan fosil hewan yang mirip dengan jerapah. Tetapi sebenarnya hewan tersebut adalah seekor keledai.

9.Bagaimana jerapah mampu mempertahankan diri dalam keadaan iklim/cuaca yang tidak menentu? Apalagi iklim dibumi saat ini dikatakan ekstrim? (Veny Wahyuningtyas)Jawab:Karena semua binatang yang ada dibumi ini sudah memiliki insting tentang bagaimana dia untuk mempertahankan hidupnya. Termasuk didalamnya jerapah juga memiliki insting tersebut,cara yang paling mudah antara lain dengan berpindah tempat,dari habitat yang 1 ke habitat yang lain yang masih mempunyai banyak cadangan makanan untuk dapat mempertahankan hidupnya.

10.Selain lamarck , darwin juga mempunyai teori tentang nenek moyang jerapah.  Mengapa pendapat lamarck dan darwin berbeda tentang nenek moyang jerapah? (Danti Nilam Sari)Jawab:Karena mereka tidak melakukan eksperimen secara langsung melainkan hanya menganalisis saja. Jadi banyak kemungkinan perbedaan pendapat. Selain itu dari dulu teori yang selalu dikemukakan antara lamarck dan lamarck selalu berbeda pendapat.

11.Sebutkan keahlian unik yang dimiliki oleh jerapah? (Tohwan Sadyu)Jawab: ●Jerapah adalah binatang tertinggi di planet ini, tingginya bisa mencapai 5,5 meter dengan berat 1.360 kg atau sekitar 20 kali lebih berat dari manusia dewasa●Lidah jerapah panjangnya sekitar 53 cm, dan jerapah mampu berlari sekitar 55 km/jam saat di serang musuh.●Jerapah tidur sekitar 1,9 jam per hari. Jerapah berkomonikasi dengan variasi bunyi yang dikeluarkannya.●Leher jerapah yang panjang memiliki 7 buah tulang sama jumlahnya dengan tulang leher manusia manusia. Leher yang panjang berfungsi untuk mengambil dedaunan di pepohonan yang tinggi dan juga sebagai bentuk pertahanan diri.

●Dengan ketinggian sampai 5,5 meter, jerapah bisa melihat dengan jelas areal padang rumput tempat kumpulannya berada. Jika ada musuh seperti singa jerapah bisa melihatnya dan ia akan memberi tanda pada kumpulannya.

12.Faktor apakah yang menyebabkan jerapah mengalami perunahan gen dalam teori lamarck? (Ayu Putri Pertiwi:10321296)Jawab:Perubahan gen tersebut dikarenakan faktor dari dalam jerapah itu sendiri,karena semua anggota badan jerapah yang selalu digunakan kemudian setiap harinya selalu digunakan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sekaligus merubah karakter dari jerapah tersebut dalam memperoleh makanannya. Karena terus menerus digunakan hal tersebut juga ikut merubah gen yang ada dalam tubuh jerapah.

13.Apakah yang menjadi dasar lamarck sehingga dia bisa mengatakan jerapah dari leher pendek menjadi leher panjang? (Eni Susanti:10321320)Jawab:Menurut lamarck karena faktor lingkungan yang mempengaruhi sehingga terjadi perubahan struktur anatomi leher jerapah menjadi semakin panjang dan sifat ini diwariskan kepada keturunannya.

14.Jelaskan mengenai perubahan gen pada jerapah? (Rinda Anisa:10321306)Jawab :Gen untuk leher jerapah adalah bersifat dominan (keturunan yang bersifat homozigot dominan/heterozigot) dan bersifat bersifat represif(keturunan yang bersifat homozigot represif),jerapah yang tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya sehingga punah.

15.Apa mungkin leher jerapah bisa menjadi pendek lagi?(Anis Fitri Lestari)  Jawab:Tidak mungkin karena pada dasarnya jerapah berleher panjang dan juga tidak ditemukan keturunan selanjutnya sampai saat ini jerapah yang berleher pendek karena kalau memang ada pasti ada seekor jerapah berleher pendek yang bisa kita jumpai.

16.Jelaskan bagaimana proses adaptasi perubahan gen yang terjadi pada jerapah sehingga mempunyai leher yang panjang menurut lamarck? (Endah Dwi :10321299)Jawab:Menurut lamrck awalnya jerapah berleher pendek , karena kekeringan jerapah-jerapah tersebut menjulurkan lidahnya untuk menggapai daun yang tinggi sebagai makanannya dan proses tersebut berlangsung secara terus menerus sehingga membuat lehernya semakin panjang. Dan leher yang panjang tersebut diturunkan ke generasi selanjutnya.

17.Selain lehernya memanjang apakah kaki dari jerapah juga ikut memnjang?(Wahyu Fajar Wati)Jawab:Karena faktor gen yng ada di dalam tubuh jerapah yang menyebabkan lehernya memanjang, hal ini gen tersebut juga mengakibatkan kaki yang dimiliki jerapah juga ikut memanjang. Begitu pula dengan keturunan selanjutnya.

18.Bukti bahwa teori lamarck salah!?Peni tri utami (10321319)Jawab:●Dengan melakukan percobaan dengan mengawinkan 2 ekor tikus yang ekornya telah dipotong ternyata tikus tersebut masih memiliki ekor.●Hitungan kunci kromosom : setiap spesies makhluk hidup terkunci ke dalam hitungan kromosomnya yang tidak dapatberubah alias ‘PATENT’.

19.Bukti – bukti kebohongan apa yang menyebabkan sehingga teori lamarck bisa dikatakan sebuah kebohongan? Fariyani Eka KusumaJawab:

Bukti kebohongan tersebut dikarenakan tidak adanya bukti yang ditemukan secara nyata tentang adanya jerapah yang mempunyai leher pendek. Sehingga masyarakat dapat menilai bahwa teori tersebut adalah merupakan suatu kebohongan.

20.Bagaimana opini masyarakat tentang adanya histori bahwa jerapah berleher panjang karena adanya faktor alam? (Anis Yuana)Jawab:Didalam masyarakat terdapat beberapa pendapat mengenai jerapah berleher panjang. Ada sebagian dari kalangan masyarakat yang tidak memperdulikan tentang asal muasal jerapah berleher panjang, khususnya bagi mereka yang berada di daerah pedesaan.Sementara untuk kalangan masyarakat yang berpendidikan mereka masih ingin mengetahui tentang asal muasal jerapah,tetapi sedikit dari mereka yang melakukan penelitian secara lanjut.

21.Ketika kita lihat teori lamarck secara ilmiah itu logis apa yang menjadi dasar penyangkalan tersebut? Dan bagaimana opini publik akan hal itu. (Subita Kurniasari)Jawab:Penyangkalan tersebut terjadi dikarenakan tidak adanya bukti yang ditemukan secara nyata tentang adanya jerapah yang mempunyai leher pendek. Adapun opini publik mengenai hal ini ada yang menerima dan ada yang menyangkal.

EVE KLONING,

1.Menurut anda, apakah yang anda ketahui tentang Eve: Manusia Pertama Hasil Klonig?

Umi Ernawati (10321311)Munurut saya, Eve: manusia pertama hasil kloning itu tidak benar. Eve hanyalah manusia biasa seperti manusia-manusia lainnya. Kloning hanya boleh dilakukan pada hewan dan tumbuhan, sedangkan pada manusia dilarang karena menyalahi sunatullah.

Suheni Dwi C (10321295)Eve bukanlah merupakan manusia pertama hasil kloning karena sampai sekarang ini belum ada fakta-fakta yang membuktikan bahwa “ Eve manusia pertama hasil kloning”,sebelumnya pengkloningan itu adalah proses reproduksi individu baru melalui rekayasa genetika(teknologi penggabungan inti sel dari sel somatic/sel tubuh dengan sel telur tanpa inti sel) secara aseksual sehingga anak yang dihasilkan memiliki kode genetic(sifat) yang sama persis dengan orang yang diambil inti sel dari sel somaticnya. Pengkloningan biasanya dilakukan pada tumbuhan dan hewan yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan di bidang kesehatan.

Subita Kurniasari (10321288)Eve: manusia 1 hasil kloning merupakan suatu prigram yang dihasillkan dalam dunia bioteknologi, kloning merupakan suatu proses pembuatan replica sama dari sel atau atau organisme tunggal yang disebut juga dengan proses reproduksi aseksual.

2.Diskripsikan dengan bahasa anda, seperti apakah kebohongan tentang Eve: Manusia Pertama Hasil Kloning yang berkembang di masyarakat?

Suheni Dwi C (10321295)Kebohongan IPA tentang ‘EVE’  yang berkembang di masyarakat adalah Eve merupakan manusia hasil cloning pertama di dunia yang lahir pada 26 desember 2002, yang merupakan bayi pertama yang lahir dari 10 implantasi yang dilakukan Clonaid (perusahaan bioteknologi di Bahama). Dari 10 implant, 5 implant gagal.

Umi Ernawati (10321311)Masyarakat beranggapan kalau Eve itu benar-benar manusia pertama hasil kloning, padahal pada kenyataannya itu tidak benar. Isu itu beredar hanya untuk mendapatkan izin atau dukungan untuk melakukan kloning dan kebanyakan masyarakat terlanjur mempercayai isu tersebut. Kalau betul bayi hasil kloning itu ada karena karya besar mereka, dipastikan mereka bercerita  prooses pembuatannya detik demi detik, karena bercerita mengenai  itu jauh lebih mengagumkan dan lebih unik daripada hanya bercerita bayi kloning bernama Eve itu tinggal di kota bahama, dan sebagainya.

Subita Kurniasari (10321288)Eve merupakan manusia pertama yang dihasilkan dari proses kloning, yang lahirnya Eve, 26 Desember 2002lalu.

3.Mengapa pengetahuan yang bohong tersebut bisa berkembang di masyarakat?

Subita Kurniasari (10321288)Karena tingginya perkembangan bioteknolologi yang tidak diimbangi dengan  perkembangan pengetahuan dan wawasan masyarakat, sehingga kebanyakan masyarakat hanya takhlid buta saja tanpa ada yang mencari tau kebenarannya dan juga kebanyakan proses bayi tabung ditutupi oleh pembuatnya dan kita mendengarnya setelah ia lahir.

Suheni Dwi C (10321295)Pengetahuan bohong yang menyebutkan bahwa Eve merupakan manusia pertama hasil klonimg bisa berkembang di masyarakat karena masyarakt mempercayai pengetahuan tersebut tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan kebenarannya,selain itu pengetahuan masyarakat yang terbatas yang mendorong masyarakat menganggap bahwa pengetahuan itu benar adanya sehingga berita tersebut bisa berkembang di masyarakat.

Umi Ernawati (10321311)Karena pengetahuan masyarakat masih sangat kurang. Sedangkan klonig memerlukan ilmu dan alat-alat yang canggih sehingga masyarakat yang berpengetahuan kurang langsung mempercayai hasil kloning tersebut.

4.Apakah pengaruh informasi/pengetahuan yang tidak benar tersebut dalam kehidupan?

Subita Kurniasari (10321288)Masyarakat beranggapan bahwa proses bayi tabung bisa dilakukan pada manusia dan perkembangan bioteknologi sekarang ini sudah semakin canggih, sehingga mempengaruhi pola pikir mereka bahwa mereka tidak perlu susah payah menikah dengan seorang laki-laki untuk mendapatkan anak secara biologis, dimana itu sangat merusak dan melanggar norma agama.

Umi Ernawati (10321311)Pengaruh informasi yang tidak benar tersebut adalah, merusak peradaban manusia, memperlakukan manusia sebagai objek, bayi kloning akan dipertanyakan siapa ibu dan bapak syahnya, serta pihak mana yang akan bertanggung jawab atas kelanjutan hidup bayi kloning.

Suheni Dwi C (10321288)Pengetahuan yang tidak benar tentang “EVE” memberikan pengaruh dalam kehidupan antara lain pola pemikiran masyarakat kurang berkembang karena telah mempercayai bahwa pengetahuan itu benar sehingga kurang berpikir untuk bisa membuktikan kebenaran pengetahuan tersebut, selain itu dengan adanya pengetahuan bohong tersebut akan mengurangi keyakinan/kepercayaan bahwa Allah swt adalah Sang Pencipta alam semesta beserta isinya, karena beranggapan kalau manusia sendiri bisa membuat manusia dengan proses pengkloningan.

5.Menurut sains, bagaimanakah fakta kebenaran tentang Eve: Manusia Pertama Hasil Kloning tersebut?●Pengertian:Suatu cara atau teknik yang menggunakan sel tubuh makhluk hidup untuk membentuk turunan baru baik dari satu induk maupun dua induk yang turunannya memiliki materi genetik yang sama sifat baik dari segi hereditas maupun penampakannya yang prosesnya merupakan suatu bentuk reproduksi aseksual. ●Proses:Proses  pengambilan inti sel dari sel tubuh (sel somatic) dari suatu organ tubuh manusia(laki-laki/perempuan) – disatukan dgn sel telur(perempuan) yg telah dihilangkan inti selnya – sel telur ini berkembang menjadi zigot – zigot ini ditanamkan ke dalam rahim perempuan shg berkembang menjadi janin shg lahirnya seorang bayi.●Syarat terjadinya:Syarat terjadinya proses pengkloningan ini melibatkan orang yang akan dikloning,yang nantinya diambil inti sel dari sel somatic/sel tubuh, orang yang mempersiapkan ovum yang telah dibuang inti selnya, kemudian orang yang siap mengandung zigot (hasil perkembangan sel telur yang telah bersatu dengan inti sel dari sel somatic).●●Dampak/pengaruh:Kloning memberikan dampak positif dan negatif antara lain dampak positifnya seperti Kloning dapat membantu pasangan suami-istri yang mempunyai problem reproduksi untuk memperoleh anak, Para ilmuwan dapat mengobati berbagai macam penyakit akibat rusaknya beberapa gen yang terdapat dalam tubuh manusia,memberikan kemajuan di dunia kesehatan(pemahaman pertumbuhan sel kanker,penelitian masalah penuaan,genetika) tetapi kloning juga memberika dampak negatifnya seperti ada yang tidak mempercayai bahwa Allah adalah pencipta yang paling sempurna.

6.Menurut anda, apakah manfaat/hikmah yang bisa diambil dari fakta kebenaran sains tentang Eve: Manusia Pertama Hasil Kloning?

Suheni Dwi C (10321295)Hikmah yang diambil dari fakta kebenaran sains tentang “EVE” adalah kita dapat mengetahui kebenarannya dengan adanya bukti-bukti yang menunjukkan bahwa eve bukan manusia pertama hasil kloning sehingga kita benar-benar menyakini bahwa Allah swt adalah Sang Pencipta segala sesuatu yang ada di alam semesta ini.

Subita Kurniasari (10321288)Masyarakat seharusnya tidak begitu saja percaya dengan statemen-statemen mengenai keberhasilan proses kloning pada manusia dan juga mereka seharusnya lebih memahami ilmu agama, karena ketika kita melihat proses bayi kloning itu sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama.

Umi Ernawati (10321311)Kloning bermanfaat :

a.    Untuk mengembangan ilmu pengetahuan.

b.    Untuk mengembangkan dan memperbanyak bibit unggul.

c.    Untk tujuan diagnosis dan terapi.

d.    Menolong pasangan yang tidak mempunyai keturunan agar mempunyai keturunan.

SOAL DAN JAWABAN

1.Anis Fitri Lestari  :Apakah sama antara proses kloning dengan bayi tabung?Jawab:Tidak. Karena proses kloning tidak terjadi peleburan antara sel ovum dan sperma sedangkan pada bayi tabung terjadi peleburan.

2.Anis Yuana E  :Syarat-syarat sel yang bisa dikloning?Jawab:Semua sel tubuh (somatik) bisa dikloning kecuali sel kelamin (sel ovum dan sel sperma).

3.Muh. Zaki Amani  :Bayi hasil kloning itu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan?Jawab:Jenis kelamin bayi kloning tergantung pada pendonor sel tubuh (somatik) yang akan dikloning.

4.Alimatul Khoiriyah (10321310)Menurut anda, lebih kecil mana resikonya antara kloning dan bayi tabung? Dan lebih baik kloning atau bayi tabung buat solusi pasangan yang ingin punya anak, apa alasannya?Jawab:Menurut saya, lebih baik bayi tabung, karena bayi tabung berasal dari sperma dan ovum dari pasangan yang sah. Sedangkan kloning berasal dari sel tubuh seseorang baik itu laki-laki atau perempuan. Kloning juga dilarang oleh agama. Dan resiko bayi tabung lebih kecil dibandingkan dengan kloning.

5.Ria Windi Sahara (10321309)Apakah sesungguhnyaproses kloning itu benar-benar bisa dilakukan?Jawab:Bisa. Tapi sampai saat ini yang sudah terbukti hanya kloning pada hewan dan tumbuhan. Dengan kemajuan teknologi mungkin saja pada manusia bisa dilakukan, tapi itu menyalahi  sunatullah dan sampai sekarang masih menjadi pro dan kontra.

6.Lia Yuniawati (10321292)Mengapa bayi hasil kloning itu sebagian besar tidak normal (mengalami kecacatan), apakah penyebabnya?Jawab:Karena pembelahan sel yang tidak sempurna.

7.Eni Susanti (10321320)Kenapa muncul kloning pada manusia kalau tidak ada bukti?Jawab:Alasan para mereka yang mengembangkan praktek kloning manusia adalah sebagai jalan untuk memperbaiki kualitas keturunan agar lebih cerdas, kuat, rupawan, hingga memperbanyak keturunan tanpa membutuhkan proses perkembangbiakan secara konvensional.

8.Rinda Anisah :Apa latar belakang lahirnya Eve: Manusia Pertama Hasil Kloning?Jawab:Para praktek kloning hanya ingin mendapatkan izin/dukungan untuk melakukan kloning, karena banyak yang menentang kloning.

9.Endah DwiApakah pengkloningan bisa dilakukan oleh manusia?Jawab:Bisa, tapi belum ada yang berhasil.

10Siti Mar’atu Hamidah :Bagaimana cara pengkloningan otak manusia?Jawab:Otak manusia tidak dapat di kloning yang bisa adalah sel otak.

10.Nuraniati :Apakah ada dampak dari kloning, jika ada jelaskan!Jawab:

Manfaat positif yang mungkin diperoleh dari kloning :

(1) Kloning dapat membantu pasangan suami-istri yang mempunyai problem reproduksi untuk memperoleh anak,

(2) Para ilmuwan dapat mengobati berbagai macam penyakit akibat rusaknya, beberapa gen yang terdapt dalam tubuh manusia,

Dampak negatif :

(1) Proses penciptaan manusia merupakan hak prerogatif Allah semata (the divine will), dengan mengkloning manusia

(2) Para ilmuwan tersebut tidak mempercayai bahwa Allah adalah pencipta yang paling sempurna,

(3) Tuhan telah menciptakan manusia dengan keragaman, kloning manusia bertentangan dengan sunatullah.

Bahrul Ilmi (10321301)

11.Berapa lama proses kloning itu?Jawab:Tergantung tingkat kesulitan pada proses pengkloningan tersebut. Tapi jika sudah di dalam rahim waktunya sama dengan orang hamil.

12.Tohwan Sadyu :Apakah manusia kloning mempunyai kelebihan?Jawab:Belum tahu, karena belum ada manusia kloning yang berhasil.

13Yunita Dewi E (10321297)Bisakah proses pengkloningan tersebut berada diluar rahim seseorang?Jawab:Sangat bisa, karena proses pengkloningan tersebut terjadi diluar rahim. Hasil perkembangan sel telur yang telah bersatu dengan inti sel dari sel tubuh/sel somatic berkembang menjadi zigot, zigot inilah yang ditanamkan ke dalam rahim seorang perempuan, jadi proses pengkloningan terjadi diluar rahim.

14.Ninin Tri Anjani :Jelaskan bagaimana proses terjadinya beresatunya sel sperma dan sel ovum?Jawab:Pada proses pengkloningan, tidak terjadi peleburan/bersatunya sel sperma dan sel ovum tetapi bersatunya sel telur(yang telah dibuang inti selnya) dengan inti sel dari sel tubuh/sel somatic.

15.Danti Nilam Sari (10321319)Apa saja kerugian dari pengkloningan manusia?Jawab:Dengan adanya pengkloningan manusia akan menyebabkan timbulnya beberapa penyakit pada ibu pengandung anak tersebut seperti kanker rahim, selain itu bila dipandang dari sudut agama akan menimbulkan kepahaman yang salah,ada yang kurang mempercayai bahwa Allah adalah Pencipta yang paling sempurna.

16.Peni Tri Utami (10321319)Apa yang menyebabkan hasil kloning itu gagal?Jawab:Hasil kloning yang gagal bisa disebabkan karena proses pembelahan sel yang tidak sempurna, selain itu dalam pengkloningan kurang memperhatikan prosedurnya karena kesalahan dalam proses bisa berakibat fatal.

17.Veni Wahyuningtiyas :Kloning merupakan hal haram,lalu bagaimana cara mencegah agar perbuatan tersebut tidak berkembang dikalangan masyarakat?Jawab:Agar pengkloningan pada manusia tidak berkembang di masyarakat sebaiknya pemerintah yang terkait tidak memberikan izin pengkloningan karena kloning lebih banyak memberikan kerugian daripada manfaatnya, tetapi kloning pada hewan dan tumbuhan  dibolehkan karena lebih banyak membrikan manfaat dala kehidupan.

18.Fariyani Eka K :Jelaskan bagaimana pandangan islam tentang kloning?Jawab:Menurut pandangan islam, kloning itu hukumnya haram karena bertentangan dengan hokum-hukum islam,moral manusia dan menyebabkan keruwetan dalam silsilah keluarga, selain itu kloning lebih memberikan dampak negative dalam kehidupan sehingga kloning itu hukumnya haram karena bertentangan  dengan surat An-Najm 45-46,Al-Qiyamah 37-38, Al-hujurat 13, Al ahzab 5.

19.Choyul  Qoyum (10321298) :Apakah ada bukti nyata bahwasannya tumbuhan dari hasil kloning sama persis dengan pengkloningnya?Jawab:Ada. Proses kloning itu membuat sesuatu yang baru mirip dengan aslinya, bila ingin tahu buktinya ada di Taman Nasional.

20.Khamariyah Nur Laili Jelaskan bagaimana awal mula munculnya teori-teori pengkloningan?Jawab:Kira-kira satu abat yang lalu Gregor Mandel telah merumuskan aturan-aturan untuk menerangkan pewarisan sifat-sifat biologis. Sifat-sifat organisme yang dapat diwariskan diatur oleh suatu faktor yang disebut gen, yaitu suatu partikel yang berada di suatu di dalam sel tepatnya di dalam kromosom. Gen menjadi dasar dalam pengembangan penelitian genetika meliputi pemetaan gen, menganalisis posisi gen pada kromosom. Hasil penelitian telah berkembangbaik diketahuinya DNA sebagai material genetik beserta strukturnya, kode-kodegenetik  serta proses transkripsi dan translasi dapat dijabarkan. Suatu penelitian yang merupakan revolusi dalam Biologi medern adalah setelah munculnya metodeteknologi DNA rekombinasi atau rekayasa genetika yang inti prosesnya adalah kloning gen.

21.Wahyu Fajar  :Berapakah lama proses kloning, apakah sama dengan hamil normal?Jawab:Lama proses kehamilannya ketika sudah ada di dalam perut ibu, sama seperti orang lahir normal yaitu sekitar 9 bulanan.

22.Nur Fauziah  :Apakah sudah ada penelitian lebih lanjut sehingga proses kloning itu bisa melahirkan seoramg bayi?Jawab:Selama ini sudah ada beberapa percobaan dan melahirkan bayi, hanya saja bayi tersebut terlahir cacat, dan bahkan ada yang hidup hanya beberapa menit saja ia bisa bertahan.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar: